Panti Asuhan Don Bosco Surabaya
Halaman Depan Hubungi Panti Asuhan Don Bosco
Profil Panti
Pengelola
Dari Masa Ke Masa
Data Anak Panti
Fasilitas
Peraturan
Kegiatan Anak
Jadwal Harian
Kegiatan Ekstra
Berbagi dan Solidaritas
Kegiatan Lainnya
Pengasuh & Pendamping
Data Karyawan
Kegiatan Karyawan
Nominasi
Serba-Serbi
Tanggapan Anak Eks Don Bosco
Tanggapan Masyarakat
Sharing Mereka yang Telah Berhasil
Berdampingan dengan Panti Lain
Warta Berita Panti
Narasi

PANTI DON BOSCO DARI MASA KE MASA

Rancang Bangun PA Don Bosco Jl. Tidar 115 Surabaya


Pelaksanaan pembangunan




Anak - anak Panti Asuhan Don Bosco
Ketika masih di Jalan Ngemplak No. 7 Surabaya


Anak-anak Panti Asuhan Don Bosco Setelah di Jalan Tidar 115 Surabaya


Anak-anak Panti Asuhan Don Bosco yang sekarang
Di Jalan Tidar 115 - Surabaya


"Aku mau menjadi seorang Bapa untuk anda sekalian, Aku akan membimbing dan menolong dalam segala kesulitanmu, baik rohani maupun jasmani. Aku akan selalu bersama anda sekalian; dan bilamana tiba saat kematianmu nanti, kapan saja dan dimana saja anda berada, aku pasti mambawa anda bersama menunju pantai surga nan bahagia. Semoga Tuhan memberkati anda sekalian"
(St. Yohanes Don Bosco)


Asal Mula Berdirinya Yayasan 'Don Bosco'

Tanggal 1 Oktober 1927 adalah hari yang penting bagi semua yang menaruh perhatian kepada anak-anak terlantar. Karena pada tanggal tersebut mulai berlaku undang-undang kesejateraan anak yang baru, yang lebih baik, dan bertindak lebih efektif terhadap orangtua yang melalaikan tugas mereka, daripada yang berlaku sebelumnya.

Pada undang-undang yang baru yang tidak mengenal perwalian Negara, pemerintah berharap sepenuhnya bantuan dari inisiatif swasta, dari Yayasan dan Badan swasta untuk menjadi wali bagi anak-anak dan mengasuhnya, bila hakim melakukan pemecatan atau pembebasan atas perwalian orang tua. Tanpa kerjasama tersebut undang-undang tak mungkin akan dilaksanankan apalagi berbulan-bulan lamanya harus menunggu sebelum pemutusan perwalian dapat dilaksanakan, sedangkan anak-anak perlu mendapat pengasuhan.

Pada waktu itu di Jawa Timur masih sangat kekurangan Panti, apalagi bagi anak-anak laki yang beragama Katolik. Maka untuk dapat mengatasi kekurangan tersebut perlu didirikan suatu yayasan atau lembaga yang mempunyai tugas pertama menolong anak-anak beragama Katolik yang telah menjadi Yatim Piatu, terlantar ataupun tidak terpelihara. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, oleh Vikaris Apostolis (Wali Gereja) di Jakarta yang wilayahnya juga meliputi kota Surabaya, telah didirikan pada tanggal 18-12-1927 suatu Yayasan Yang diberi nama : YAYASAN 'DON BOSCO'

Nama dari Yayasan berasal dari seorang Pastor bengsa Italia bernama: Johanes Bosco, yang waktu kecil berasal dari keluarga miskin dan ayahnya telah meninggal dunia. Pada umur 8 tahun sudah membantu bekerja menjaga ternak dari ibunya dan pada umur 15 tahun, baru dapat pergi ke sekolah dengan teratur. Sejak kecil sudah selalu memperhatikan nasib para temannya dan waktu menjadi Pastor pekerjaan kerasulan itu diteruskan pada kaum penganggur dan para gelandangan. Karena kunjungannya yang sering pada beberapa penjara, mambuatnya sadar bahwa sebaiknya menghindari kejahatan daripada menghukumnya, dan menjadi pengalamannya juga bahwa tidak cukup hanya mengumpulkan kaum muda sewaktu-waktu untuk memberikan mereka suatu kesibukan, tetapi perlu sekali pengasuhan tetap, supaya dapat mencari sesuatu.

Maka tanpa uang dan bantuan selain dari ibunya sendiri, mulailah ia mengumpulkan dan menampung beberapa anak. Pekerjaannya ini terus berkembang, sehingga pada waktu wafatnya tanggal 31 januari 1888 Konggregasinya yang telah didirikan mempunyai 1.000 anggota dan mempunyai tanggungan atas 100.000 anak. Sifat-sifat kepribadiannya yang utama dari penampilan Don Bosco terhadap kaum muda telah dirangkai dalam empat kata: Kegembiraan, Kepercayaan, Kesalehan, Kebebasan, yang serempak merupakan suasana yang paling tepat untuk menaklukkan anak.

Tetapi rahasia yang sebenarnya dari suksesnya Don Bosco terletak pada kasih sayangnya yang luar biasa pada anak. Maka bukanlah suatu mujizat bahwa pada tahun 1927 akan didirikan suatu Yayasan yang mempunyai tujuan yang sama seperti Don Bosco dan akan bekerja dalam suasana yang sama untuk pengasuhan kaum muda yang terlantar. Pendiri Yayasan memilih Pastor dan pendidik ini sebagai : Teladan, Ideal, Pelindung.






Daftarkan alamat email Anda, agar dapat update dari web ini:





Kami keluarga besar Panti Asuhan Don Bosco mengucapkan banyak terima kasih atas segala kemurahan hati para dermawan yang telah membantu kami. Tuhan memberkati.